Jumat, 20 November 2009

DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN

Untuk mendesain sebuah media pembelajaran diperlukan trik-trik khusus serta kemauan untuk belajar. Hal yang paling menyita waktu dalam membuat media pembelajaran adalah mendesain layout (tampilan) dari media tersebut.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat media pembelajaran yaitu :
1. Desain Grafis
Hal-hal penting dalam desain grafis yaitu :

  • Keringkasan
  • Layout
  • Arah
  • Format
  • Grafik
Keringkasan dalam desain layar memerlukan perencanaan yang matang, Tiap gambar harus memiliki makna, pemilihan warna, garis, ruang, bentuk, maupun tekstur harus mendukung bahasa visual bagi audiens.
Strategi dalam merancang layout :

  • Ujung kiri atas dari layar sebagi titik fokus utama
  • Unsur dominan dari program dapat ditempatkan pada ujung kiri atas
  • Unsur dominan ditempatkan pada bagian yang terbesar dari layar
  • Unsur yang dominan diberi warna yang lebih gelap
Contoh Pola :


Alur Perhatian :
Arah atau alur perhatian menentukan evektifitas desain grafis
Bagian-bagian dari layar harus seimbang,sehingga mata pertama tertuju ke bagian yang paling penting . Contoh alur perhatian :
Format :

  • Usahakan Konsisten dengan format dari layar dari seluruh program
  • Pada keadaan tertentu dapat saja format diubah, misalnya pada saat simulasi atau animasi diperlukan
  • Terlalu banyak variasi dalam format layar akan menimbulkan kebingungan
Grafis :

  • Adalah penting untuk memilih gambar, diagram atau animasi yang berfungsi sebagai media komuniaksi, bukan sebagai pelengkap karena gambar atau diagram tersebut menarik.
  • Hindari untuk terlalu tergantung pada clipart yang sudah jadi
Prinsip-Prinsip Desain :

  • Pusat perhatian
  • Kontras
  • Irama
  • Kesatuan
  • Harmoni
  • Keseimbangan
Unsur-Unsur Desain :

  • Warna
  • Garis
  • Titik
  • Teks
  • Tekstur
  • Ruang
  • Bidang
Peranan garis dalam layout layar tidaklah sesederhana yang kita bayangkan, penggunaan garis yang tidak tepat dapat mengakibatkan kekacauan perhatian bagi mata audiens pada layar kita.

Penggunaan bentuk desain dalam layar yang umum :

  • Segi empat biasanya untuk teks dan judul
  • Bentuk lingkaran untuk gambar
  • Bentuk segitiga untuk logo
Tekstur :

  • Penggunaan tekstur dari teks, gambar, grafik dan keseluruhan layar harus memenuhi unsur keseimbangan, tekstur yang terlalu keras dan lunak perlu dihindari
Keseimbangan :

  • Tampilan layan secara menyeluruh harus mencerminkan keseimbangan atas seluruh elemen layar
  • Karakter dari tiap elemen harus dipertimbangkan untuk mendapatkan keseimbangan
Ruang :

  • Peran ruang positif (ruang yang ditempati obyek) dan ruang negatif(tidak ditempati obyek) perlu dipehatikan.
  • Pengaturan ruang negatif yang tidak sesuai akan menimbulkan kesan yang busurk bagi penampilan secara keseluruhan.
Warna :
Kekontrasan antara warna latar dan teks harus diperhatikan

Teks :

  • Harus dibedakan antara penggunaan teks untuk judul dan subjudul serta isi
  • Jenis teks untuk informasi sebaiknya jenis serif font seperti times atau garamond

2 komentar:

erlambang mengatakan...

Pak maaf saya tulis di sini. Tar dihapus tdk apa2, karena saya nggak tau alamat email bapak. Untuk bisa tampil LCD dan komputer kalau di mmtc dipilih "clone".
maaf pak terlambat. saya lagi jarang otak atik blog saya, jadi nggak tahu ada pesan atau buku tamu masuk.

Syahdi mengatakan...

Trims Bnyk ya Mas kelik..kapan2 kita bersua lg di MMTC.