Senin, 19 September 2011

Desain Background Media di Powerpoint

Ms.Powerpoint adalah perangkat lunak presentasi yang sangat familiar dan untuk urusan presntasi....saat ini Ms.Powerpoint menempati peringkat pertama (use friendly). Dalam posting kali ini saya mencoba menuliskan sebuah trik dalam Ms.Powerpoint terutama dalam membuat/mendesain media pembelajaran, baik Media presentasi maupun Media pembelajaran Mandiri.
Pada umumnya dalam mendesain presentasi kita menggunakan template yang tersedia dalam powerpoint...sekarang bagaimana supaya kita tampil beda dari yang lain....????

Kita akan membuat desain template sendiri dengan background yang kita olah sendiri...untuk membantu proses ini sebetulnya kita dapat menggunakan software tambahan seperti Adobe Photoshop. Kali ini saya coba membuat desain template background tidak menggunakan Adobe Photoshop.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Buka New blank dokument pada Ms.powerpoint
  2. Buat Bar header dengan menggunakan fasilitas Draw (Shape) buat semenarik mungkin...kita dapat menggabungkan beberapa shape untuk membuat bentuk bar yang kita inginkan...agar sambungan antar shape tidak terlihat...hilangkan outline shape tersebut.
  3. Menghilangkan outline (Klik kanan shape...pilih format autoshape...dan pada pilihan outline...pilihan colour None )
  4. Tambahkan gambar pemanis pada bar header kita dengan menginsert gambar...cari gambar dengan format PNG bukan JPEG....Mengapa PNG ?...karena Format ini dapat kita buat transparan dengan tool yang tersedia.
  5. Klik gambar kemudian klik kanan show picture toolbar...pilih set tranparant.
  6. Blok semua ornamen pada header bar tadi..kemuan group dengan mengklik kanan pilih group.
  7. Buat bar bawah dengan menggunakan shape.
  8. Buat identitas pembuat media seperti ( Created By ....atau Powered By .....)
  9. Buat Lay out media dengan semenarik mungkin..hindari warna gelap...jangan terlalu banyak ornamen yang sekiranya akan mengganggu penglihatan.
  10. Selanjutnya jika semua sudah selesai simpan file dengan cara : Save as....pada pilihan save as type...pilih format JPEG..lalu save ( dalam hal ini kita menyimpan file menjadi gambar yang nantinya akan kita gunakan sebagai background sehingga kemungkinan diedit/diganti pembuat oleh yang kurang bertanggung jawab dapat diperkecil)



Oke..demikian sekedar trik sederhana yang dapat saya posting kali ini.....see you next posting

Tidak ada komentar: